Tentang pH Tanah

pH adalah tingakat keasaman atau kebasa-an suatu benda yang diukur dengan menggunakan skala pH antara 0 hingga 14. Sifat asam mempunyai pH antara 0 hingga 7 dan sifat basa mempunyai nilai pH 7 hingga 14. Sebagai contoh, jus jeruk dan air aki mempunyai pH antara 0 hingga 7, sedangkan air laut dan cairan pemutih mempunyai sifat basa (yang juga di sebut sebagai alkaline) dengan nilai pH 7 – 14. Air murni adalah netral atau mempunyai nilai pH 7.

Pentingnya pH tanah

pH tanah atau tepatnya pH larutan tanah sangat penting karena larutan tanah mengandung unsur hara seperti Nitrogen (N), Potassium/kalium (K), dan Pospor (P) dimana tanaman membutuhkan dalam jumlah tertentu untuk tumbuh, berkembang, dan bertahan terhadap penyakit.

Jika pH larutan tanah meningkat hingga di atas 5,5; Nitrogen (dalam bentuk nitrat) menjadi tersedia bagi tanaman. Di sisi lain Pospor akan tersedia bagi tanaman pada Ph antara 6,0 hingga 7,0.

Beberapa bakteri membantu tanaman mendapatkan N dengan mengubah N di atmosfer menjadi bentuk N yang dapat digunakan oleh tanaman. Bakteri ini hidup di dalam nodule akar tanaman legume (seperti alfalfa dan kedelai) dan berfungsi secara baik bilamana tanaman dimana bakteri tersebut hidup tumbuh pada tanah dengan kisaran pH yang sesuai.

Sebagai contoh, alfalfa tumbuh dengan baik pada tanah dengan pH 6,2 hingga 7,8; sementara itu kedelai tumbuh dengan baik pada tanah dengan kisaran pH 6,0 hingga 7,0. Kacang tanah tumbh dengan baik pada tanah dengan pH 5,3 hingga 6,6. Banyak tanaman termasuk sayuran, bunga dan semak-semak serta buah-buahan tergantung dengan pH dan ketersediaan tanah yang mengandung nutrisi yang cukup.

Jika larutan tanah terlalu masam, tanaman tidak dapat memanfaatkan N, P, K dan zat hara lain yang mereka butuhkan. Pada tanah masam, tanaman mempunyai kemungkinan yang besar untuk teracuni logam berat yang pada akhirnya dapat mati karena keracunan tersebut.

Herbisida, pestisida, fungsisida dan bahan kimia lainnya yang digunakan untuk memberantas hama dan penyakit tanaman juga dapat meracuni tanaman itu sendiri. Mengetahui pH tanah, apakah masam atau basa adalah sangat penting karena jika tanah terlalu masam oleh karena penggunaan pestisida, herbbisida, dan fungisida tidak akan terabsorbsi dan justru akan meracuni air tanah serta air-air pada aliran permukaan dimana hal ini akan menyebabkan polusi pada sungai, danau, dan air tanah.

Terjemahan bebas dari: About Soil pH

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang faktor pH dan aktivitas-aktivitas menyenangkan yang berhubungan dengan ph silahkan kunjungi Miami Museum of Science web site

About these ads

24 Responses to Tentang pH Tanah

  1. aidrian says:

    Makasih bgetsz soal pH tanahna ya….b’guna bget buat tgas kuliahku

  2. THIFA says:

    saya mahasiswa tingkat akhir jurusan teknik kimia.saya sedang meneliti tentang hidrogel.suatu teknologi baru polimer yang dapat digunakan sebagai pengganti tanah.pada penelitian ini saya akan melakukan uji swelling hidrogel pada larutan yang bersifat seperti ph tanah.saya mw nanya,larutan uji apa yang sifatnya hpr sama dengan ph tanah.mohon bantuan sarannya ya.reply ke tiff4ny_Vha@yahoo.com

  3. uus says:

    bagaimana jika ph tanah kurang (masam)

  4. ariftaka says:

    makasih bung!!!!!tadi habis kuliah tapi blum nyatat ph tanah nya!!!!!

  5. Yehezkiel says:

    saya mhasiswi tingkat akhir di UNIBRAW malang. minta info tentang pengaruh atau hubungan pH tanah dengan kepiting biola (Uca spp.)trimakasi

  6. john says:

    Kolam saya berasid ikan mati apabila dilepaskan.Jadi apakah cara terbaik untuk mengatasinya?Sebelum ni saya uda rawat dengan menebur limestone.Tapi,tidak juga berkesaan……..

    • busro says:

      Sebaiknya di analisis di lab pak, supaya tahu penyebabnya apa. Yang harus dianalisis adalah tanah dan airnya, terutama meliputi pH dan kandungan logam berat.
      Jika bapak menduga di sana ada bakteri atau patogen lainnya, ya sebaiknya kolamnya dikeringkan dulu minimal 3 bulan-an lah. Karena boleh jadi, jika bukan karna air dan tanah yang tercemar, matinya ikan bapak disebabkan adanya bibit penyakit dan patogen yang ada di kolam

  7. iny says:

    izin copy

  8. Menanggapi literatur sdr busro: klo pH tanah rendah/MASAM maka yang diberi bukan lah tepung belerang melainkan kapur. soalnya klo di tambahkan belerang ke tanah maka tanah tsb akan bereaksi masam sehingga pHtanah turun.tetapi klo kita tambahkan kapur maka kemasaman tanah akan turun dalam arti pH tanahnya naik

    • busro says:

      Betul mas. Mohon maaf salah. Seharusnya sesuai dengan apa yang dikatakan mas Ramson Sitorus.
      Trima kasih atas koreksinya

  9. ROSSI says:

    PH TANAH DI ATAS 7 APA DAN DI BAWAH 7 APA

  10. angga says:

    saya mahasiswa sipil tingkat akhir,mengambil skripsi tentang analisa tanah.
    Apakah pengaruh ph terhadap tanah,dan apkah da pengaruh ph tanah trhadap struktur tanah pada daerah timbunan sampah
    Makasih…kalo ada file bahas masalah itu,saya mhon linknya

  11. ajeng says:

    kapurnya itu, kapur apa si?

  12. amel says:

    mksh bngt buat data nya… bntu bgt buat tgas sklh ak

  13. Benny says:

    tolong pak,kirimkan gambar indikasi ph tanah sesuia dengan jenis tanaman masing’masing

  14. sahrial says:

    tapi kat guru kami, ph yang netral berkisar pda 6,5-7 jdi yang benar yang mana…????

  15. jaket kulit says:

    jaket kulit…

    [...]Tentang pH Tanah « Nglithis[...]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: